What is Report Text? Pengertian dan Contoh

What is Report Text? Pengertian dan Contoh

Sudah begitu banyak sumber belajar baik buku pedoman di sekolah atau referesi belajar secara Online yang membahas pengertian dan definisi report text bahasa Inggris. Jenis teks factual information ini agak disamakan dengan descriptive essay. Meski begitu kita tidak boleh bingung membedakannya.

Pengertian report text bagi sebagian siswa yang sedang belajar bahasa inggris kadang sedikit membingungkan dengan pengertian descriptive text. Hal ini bisa dimaklumi mengingat kedua jenis teks bahasa inggris tersebut bertujuan untuk menggambarakan, menginformasikan, atau menjelaskan keadaan sesuatu atau sekumpulan sesuatu.

Inilah Pengertian Report text Bahasa Inggris yang Lengkap

Meskipun ada kemiripan, bagi yang sedang belajar bahasa Inggris bisa lebih mudah untuk membedakan antara report text dan descriptive text. So what is actually a Report Text?. Masih ingat apa itu text report? Kadang kita agak malas membaca tulisan model penjelasan atau pengertian begini dan ingin langsung mengetahui bagimana sebuah teks berjenis report itu. Sebelum melihat kumpulan contoh report text, akan lebih baik kalau membaca kembali apa itu teori definisi pendek sebuah text report. What is a report text? Kumpulan contoh text report nya ada dibawah post dalam link related posts of report text atau langsung aja ke sini.Definition of Report Text
Penjelasan atau pengertian report text yang umum kita jumpai dalam tulisan-tulisan yang membahas genres atau jenis teks bahasa Inggris menyatakan:

Report is a text which presents information about something, as it is. It is as a result of systematic observation and analysis

Dari definisi diatas kita bisa menggarisbawahi point pertama bahwa report text itu bertujuan untuk memberikan pembaca informasi tentang sesuatu. Informasi sesuatu itu tidak boleh ditambahi atau dikurangi tetapi harus seperti apa adanya sesuatu itu.

Point kedua adalah bahwa informasi tentang sesuatu itu sebagai hasil dari analisa dan observasi yang sistematis. Itulah kenapa kita juga kadang membaca report text juga dinamakan sebagi informational report.

pengertian report text menurut para ahli

Easy guide to write report , screened from lessonplanspage.com

Point ketiga menunjukkan kepada kita akan clues apa sebenaranya pengertian report text itu dan bagaimana report text dibedakan dengan descriptive text yaitu dengan penjelasan atau informasi “as it is” dan sebagai hasil “observation and analysis”.

Meski begitu kita lanjutakn pada schematic structure dari sebuah teks bahasa Inggris berbentuk report sebelum mengambil semacam kesimpulan

Generic Structure of Report Text Bahasa Inggris

Kayaknya kita hampir bosan ya dengan istilah generic structure. Ketika belajar bahasa Inggris berbasis teks kita pasti menemui 13 genres ditambah penjelasan generic structure dari masim-masin genres tersebut. Apa penjelasan dan pengertian dari generic structure report text itu? Secara sederhana hal ini merujuk kepada bagaimana masing masing jenis teks itu ditulis dan disusun untuk memenuhi keinginan penulis dalam menyampaikan suatu infomasi kepada pembacanya.

Secara lebih sempit lagi generic structure adalah bagaimana paragraf-paragraf itu diatur dan disusun menjadi satu kesatuan teks yang utuh dan mempuanyi makna sepeti yang diinginkan oleh penulis. Ok, kalau begitu apa generic strcture dari report text?. Penjelasan yang umum adalah sebagai berikut:
1. General classification: Stating classification of general aspect of thing; animal, public place, plant, etc which will be discussed in general
2. Description: Describing the thing which will be discussed in detail; part per part , customs or deed for living creature and usage for materials
Apa point yang kita dapatkan dari generic structure diatas? Dan bagaimana dari model susunas paragraf seperti diatas bisa membedakan dengan jenis teks bahasa inggris yang lain, terumatam descriptive text? Tentu point pertama adalah istilah “general classification” yang menunjukkan bahwa sebuah report text itu ditulis untuk memberikan informasi tentang hal hal yang umum, sebuah klasifikasi sesuatu, group, kelompok, species. Sebuah report text bahasa inggris tidak ditulis untuk memberikan informasi tentang sesuatu yang khusus, tententu, specific.

Poin kedua, sebuah report text ditulis guna memberikan informasi tentang sesuatu, dan sesuatu itu boleh makhluk hidup atau benda mati. Ini perlu diketahu dan dibedakan mengingat dalam memberikan informasi atau penggambaranya untuk objek benda hidup dan benda mati sedikit berbeda.

Dari penjelasan generic structure of report text diatas jelas dinyatakan bahwa penggambaran atau infomasi untuk benda hidup meliputi bagian-bagian benda hidup itu dan diteruskan dengan penggambaran tentang kebiasan (customs) atau kelakuan (deed) dari benda hidup yang dijadikan objek report text tersebut.

Lalu bagaimana penggambaran report text bahasa Inggris tentang benda mati? Pada generic structure diatas juga dijelaskan bahwa penggambaran detil untuk objek benda mati adalah yang pertama berkenaan juga dengan bagian-bagian (parts) dari beda tersebut, yang kedua diteruskan dengan fungsi, kegunaan, manfaat (usage) dari benda tersebut.

Nah sampai sini sudah cukup terang benderang kan apa pengertian report text itu dan apa perbedaanya dengan jenis teks bahasa inggris yang lain, terutama descriptive text. Namun untuk lebih mematangkan penjelasan report text ini, kita masuk sekalian ke ciri-ciri bahasanya.

Ciri kebahasaan dalam Language Feature Report Text Bahasa Inggris

Ingat dalam membicarakan sebuah laguage feature dari masing-masing jenis teks bahasa inggris adalah bahwa ciri bahasa itu sifatnya hanya umunya, dominantly, dan BUKAN mesti selalu 100% seperti dibawah ini. Baikla kita lihat apa laguage feature dari sebuah report text bahasa inggris:
• Introducing group or general aspect
• Using conditional logical connection; when, so, etc
• Using simple present tense
Lagi-lagi dari ciri bahasa atau language feature diatas kita mendapati istilah “group or general aspect” Jadi semakin kita tahu bahwa sebuah report text bahasa inggris itu berkenaan dengan sekumpulan atau sesuatu secara umum. Kalau kita membuat report text about animals misalnya, ya kita bisa menulis kucing secara umum, dan BUKAN kucing di rumah saya.

Penggunaan Simple Present Tense ini juga cukup menarik. Kenapa sebuah report text bahasa Inggris menggunakan timeles tense ini? Ya lagi lagi kembali pada istilah ” as it is” diatas jadi tidak terlalu dipengaruhi perwaktuan tenses. Seumpama kita ingin menulis report text tentang hewan purba misalnya. Meskipun species hewan purba itu sudah tidak ada lagi atau telah terjadi diwaktu yang lampau tetapi dari hasil “sytematic observation and analysis” seperti pada penjelasan dan pengertian diatas, bentuk report text nya mungkin bisa ditulis dengan tenses yang merujuk pada generic structure diatas.

Sampai disini dulu ya, bagi yang jago tentang jenis text terlebih report text bahasa inggris mohon dikoreksi kalau ada yang keliru biar bisa diedit dan dibetulkan sebagaimana mestinya. Bagi yang ingin melihat contohnya, bisa langsung menuju kumpulan artikel yang membahas jenis tek factual report ini dibawah!

ke 5 sumber belajar diatas adalah artikel utama untuk belajar pengertian dan contoh teks report dalam bahasa Inggris. Meski begitu, artikel lainnya juga tetap perlu dibaca agar perbendaharaan pengetahuan kita makin banyak dan melebar hingga pemahaman yang baik pun tentang isi teks berjenis report dapat mudah diperoleh. Selamat belajar bahasa Inggris.

Belum ada Komentar untuk "What is Report Text? Pengertian dan Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel