What is Explanation? – Pengertian dan Contoh

What is Explanation? – Pengertian dan Contoh

English Admin – Inilah artikel yang menjawab pertanyaan what explanation text is, dimana menjelasakn pengertian teks explanation dalam bahasa Inggris. Sudah banyak memang tutorial yang menjawab pertanyaan mengenahi definisi dari explanation text. Namun akan lebih baik lagi kalau kita berikan lagi dengan dan pembahasan segampang mungkin.

Mau baca contoh Explanation Text dalam bahasa Inggris? Sebelum melihat kumpulan contoh text explanation, akan lebih baik kalau membaca kembali apa itu text explanation. What is an explanation text? Kumpulan contoh explanation ada dibawah post dalam link related post of explanation text

Definition and purposes of Explanation
Diantar sekina banyak pengertian yang diberikan oleh para ahli bahasa, kutipan dibawah ini adalh yang paling dikenal banyak oleh para guru dan siswa yang sedang belajar bahasa Inggris di sekolha menengah
Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation text is to say ‘why’ and ‘how’ about the forming of the phenomena. It is often found in science, geography and history text books.
Dari kutipan penjelasan “What is explanation text?” diatas, cukup mudah sudah dipahami bahwa jenis teks ini menjelaskan proses terjadinya sesuatu. Ini berati menjawab pertanyaan “How”. Disamping itu teks explanation juga menjelaskan kenapa suatu peristiwa itu terjadi. Hal ini berati menjawab pertanyaan “Why”

pengertian explanation text

Pengertian tentang explanation text itu gampang. sama halnya dengan jawaban pertanyaan HOW dan WHY dalam kalimat bahasa inggris

Dalam banyak contoh dan pengertian explanation yang berusaha menjawa how dan why ini bisa diterapkan dalam beberapa contoh tema suatu tulisan, misalnya:
Explanation text tentang kenapa korupsi itu terjadi
Explanation text tentang kenapa pulau Bali itu sangat terkenal
Explanation text tentang bagaimana kopi bubuk itu dibuat
Explanation text tentang bagimana proses metabolisme tubuh manusia
Explanation text tentang bagaimana kedisiplinan itu membentuk prilaku manusia

Dengan cara begitu pemahaman kita tentang teks expalantion dalam bahasa Inggris ini lebh utuh dan gampang diaplikasikan dalam tulis menulis dan baca membaca wacan bahasa Inggris.

Generic Structure Explanation Text
Now do you know how an explanation text is written and organized. See the schematic structure below!
1. General statement; stating the phenomenon issues which are to be explained.
Paragraf pertama biasanya berisi topik karangan yang sedang dibicarakan. Meki tidak selalu 1 paragraf penuh hanya berisi general statement tapi ada umumnya inforamsi awal ini diberikian diawal paragraf
2. Sequenced explanation; stating a series of steps which explain the phenomena.
Sudah disampaikan diatas bahwa teks explanation itu berusaha menjawab dan menjelasakn bagimana dan kenapa sutu peristiwa atau hal ada, terjadi dan terbentuk. Maka dalam paragraf kedua, isii dari teks explanation biasan berisi tentang tahap-tahap yang perlu dijelaskan dalam rangkah menjawab how dan why seperti dalam tema teks explanation.

Language Feature of Explanation
Apa si sebenarnya istilah language feature explantion text itu? Sudah sering sekali kita dengan kata tersebut tapi kadan kita sendir tidak menyadari kalu masih belum tahu banyak.

Langauage feature sebenaranya sama dengan ciri-ciri bahasa yang sering dipaki oleh penulis ketika menyusun karangan dengan bentu explanation text. Jadi sifatanya ahany pada umumnya tidak mesit harus begitu. Lalu apa saj fitur kebahasaan teks ini. Lihat dibawah!

  • Featuring generic participant; sun, rain, etc
  • Using chronological connection; to begin with, next, etc
  • Using passive voice pattern
  • Using simple present tense

Contoh Explanation Text Pendek bahasa Inggris
Akan banyak sekali contoh yang bisa kita dapatkan ketika belajar teks explanation. Diantar sekian banyak itu dibawah ini adalah contoh yang cukup baik, pendek, dan tentu lenkap dengan analisa genric structure.

Masih kurang? Lihat contoh contohnya yang sebenarnya pada kumpulan artikel katageri explanation diatas. Ada banyak contoh explanation text dari berbagai topik, beberapa diantaranya telah dilengkapi dengan analisa generic structure. Dan tentu saja hampir semua contohnya ditulis memakai bahasa Inggris.

Belum ada Komentar untuk "What is Explanation? – Pengertian dan Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel