Monolog Text sebagai Contoh Analytical Exposition: Looking for Job

Monolog Text sebagai Contoh Analytical Exposition: Looking for Job

Contoh text analytical exposition tidak hanya berupa essay pendek, sebenarnya teks dialog dan juga monolog bisa dengan format penulisan tertentu bisa dikelompokkan sebagai exposition kalau menyampaikan thesis, dan didukung dengan arguments. Tahukan apa itu monolog? Ya orang yang sedang berbicara sendiri. Nah monolog ini berbentuk teks analytical exposition. Jenis analytical exposition kembali menjadi fokus kita hari ini. Kenapa? Seberapa pentingkah teks berjenis argumentative ini dalam kehidupan sehari hari? Keberhasilan berkomunikasi akan sangat ditentukan seberapa kuat daya persuasive kita terhadap lawan bicara. Untuk itu dibutuhkan kemampuan mengutarakan pendapat dan argumentasi sebagai daya pemikat dalam berkomunikasi.

Contoh analytical exposition akan banyak dijumpai dalam bentuk monolog dan tulisan. Ambil contoh ketika kita mendapat kesempatan interview kerja. Pada kesempatan itu tentu kekuatan monolog atau response terhadap pertanyaan yang ditujukan kepada kita akan sangat bergantung pada kemampuan kita dalam menyajikan thesis yang didukung dengan argumentasi yang meyakinkan. Kenapa kita  layak untuk menempati posisi pekerjaan itu? Apa alasan pendukung untuk memperkuat pernyataan itu? Kesemua itu adalah struktur teks berjenis exposition ini.

analytical exposition text getting the job

Alur mencari kerja sebagai contoh analytical expostion text

Dalam kesempatan ini, mari kita lihat contoh monolog yang berbentuk analitical exposition. Teks berikut bersettingkan  ungkapan harapan agar mendapat pekerjaan yang bagus dan cocok  “proposing to get the job”.
Hello. Good morning. I wonder if you can help me. My name is Emma Heath. I’m looking for a job as an administrator.
At the moment I’m working at a solicitor’s as a clerk. Do you know Blame, Payne and Co.? I’ve been working there for about two years but there doesn’t seem to be any chance of promotion, so I’m trying to find something else.
The other thing is, I’m moving soon, so I’m looking for a job in Leicester. I would prefer it if it was in the city centre really. My current address is 23 Terraced Walk, Derby, DE23 3GP, but I’m going to be moving out on the 30th, and then I’ll be living with my mum until I’ve found a house to rent in Leicester. After the 30th you’ll be able to contact me at my mum’s. Her address is 8 Cedars Lane, Swinscote, Derby, DE40 9UR.
By the way, my mobile number is 079421 645784. If you do ring me on my mobile, please can you ring after six because I’ll be at work all day and my boss doesn’t know that I’m planning on leaving.
My current salary is 11K per annum and I would like to find something for at least thirteen or more. I’ll bring my CV in to your office once I’ve finished updating it.
Oh yes, last month I went on a four-day intensive first aid course, which makes me fully qualified to give first aid.

Dari contoh menolog bahasa inggris diatas cukup jelas bukan kenapa trascript speaking diatas bisa digolongkan menjadi sebuah teks berbentuk analytical exposition. Tidak lain adalah karena generic structure nya yang memenuhi unsur; stating thesis, presenting arguments, and clossing with reiteration. Untuk lebih jelasnya apa dan bagaimana teks yang menonjolkan argument ini

Analisa Generic Structure Analytical Exposition Text Monolog
Semua exposition text pasti memeberikan ide atau pendapat yang harus diikuti oleh banyak orang. Supaya diikuti kemudian pendapat itu harus didukung dengan beberapa bukti. Konsep menulis seperti ini kemudian diterapkan dalam structure berikut!

1. Presenting Thesis: Menyampaikan ide dan gagasan supaya diikuti oleh pembaca
I’m looking for a job as an administrator.
2. Proving with Arguments: Menyediakan dengan bebrapa argument alasa sebagai bukti bahwa pendapatnya memeng layak utnuk didengarkan
I’ve been working there for about two years but there doesn’t seem to be any chance of promotion
I would like to find something for at least thirteen or more.
I’m moving soon, so I’m looking for a job in Leicester
I went on a four-day intensive first aid course

3. Concluding with Reiteration: Menyimpulkan dengan beberapa pernyataan yang diangaap penting . Reiteration kadang bersifat optional.

Latihan Menjawab Pertanyaan Setelah Membaca Text Analytical Exposition

Materi reading text belum lengkap rasanya kalu tidak di berikan latihan soal analytical exposition. Untuk itu berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang bisa digunakan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman dari hasi reading text tesebut. Soal-soal jenis text akan terdiri dari instument topik atu main idea, detail information, implied information, meaning (sinonym dan antonym), dan juga biasanay rujukan kata. Berikut adalah 20 pertanyaan untuk teka analytical exposition diatas.

Questions:
1. Who is the paragraph about?
2. Why does she leave the message?
3. What job does she do at the moment?
4. What job would she like to do?
5. Name the company that she works for.
6. How long has she been working there?
7. Why does she want to leave?
8. Which city is she moving to?
9. What is her address at the moment?
10. Is she planning to buy a house in Leicester?
11. What is her mum’s address?
12. When can she be contacted there?
13. Add together the first four digits of her phone number.
14. When can she be contacted on her mobile number?
15. How much would she like her salary to increase by?
16. What is a CV?
17. What do the letters CV stand for?
18. Is Emma’s boss upset that she will be leaving?
19. In your opinion, is Emma right to look for another job?
20. Do you think she will be happier living in Leicester?

Seperti disampaikan diatas, membaca text nya saja dirasa belum cukup kalau tidak dibuktikan dengan kemampuan menjawab beberapa pertanyaan setelah text tersebut. 20 macam pertanyaan diatas cukup menantang menguji kemampuan dan pemahaman tentang contoh text analitical exposition bahasa Inggris

Belum ada Komentar untuk "Monolog Text sebagai Contoh Analytical Exposition: Looking for Job"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel