4 Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris dan Artinya

4 Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris dan Artinya

English Admin – Contoh dialog dan percakapan pendek. Saatnya kita berani berbicara bahasa Inggris. Caranya? Tentu dengan banyak referensi contoh percakapan atau dialog antara 2 orang atau lebih dalam berbagai situasi dan topik .

Sebelumnya blog belajar bahasa Inggris ini telah mengumpulkan contoh percakapan bahasa Inggris dari berbagai topik mulai cara menanyak informasi sampai mengungkapkan rencana dalam bahasa Inggris. Kali ini kita melengkapi bentuk dialog bahasa Inggris sangat pendek yang lain. Kenapa kok tidak  dicarikan yang panjang saja?

kumpulna dilaog bahasa Inggris

Illustration: 4 contoh dialog pendek bahasa Inggris dasar berbagai topik

Tentu karena ini bertujuan untuk lebih mudah dipraktekkan sehingga model dialolog pendek ini lebih pas. Harapanya, dengan cara itu kita bisa lebih cepat meningkatkan kemapuan berbicara bahasa inggris dengan lancar.

Baiklah kita tidak panjang lebar dalam pengantar, langsung saja, lihat 4 contoh percakapan bahasa Inggris sangat pendek berkut ini:

1. Percakapan bahasa Inggris tentang perkenalan

Dibawah ini adalah contoh dialog sangat singkat dalam bahasa Inggris disertai dengan terjemahannya. Topik dialog pertama adalah berkenalan (introduction) Bagi yang masih duduk dikelas sepuluh SMA, bahan ini bisa dijadikan rujukan sederhana.

Harry: Hello, I’m Harry. I really enjoy your lecture
Mr. John: hello harry. i’m glad you like it
Harry: I wish I could read your book
Mr. John: Sure
Bentuk percakapan bahasa Inggris tentang perkenalan sebenarnya meliputi 2 hal, yaitu bagaimana cara memperkenalkan diri dan cara memperkanalkan orang lain. Dari contoh diatas kita masih pada cara introducing self. Kita lihat terjemahanya:

Harry: Halo, Saya Harry. Saya sunggu menikmati kulia Anda
Mr. John: Halo Harry, senang mendengar bahwa kamu suka dengan kuliah saya
Harry: Saya harap saya bisa membaca buku Anda
Mr. John:Tentu

2. Percakapn bahasa Inggris tentang  menanyakan hobby / Olah raga

Berikut adalah contoh dialog dan percakapan bahasa Inggris tentang hobby. Salah satu hobby yang sering dijadikan percakapan adalah olah raga (sport). Contoh dialog bahasa Inggris ini juga tidak lupa disertakan terjemahannya.

Anton: Are you going to gym now?
Dino: No. I’ve got soccer game tonight. We play every week and we have a lot of fun. How about you? Do you play any sports?
Anton: I usually play  tennis once or twice a week
Menanyakan hobby atau olahraga bisa dimasukkan dalam perckapan bahasa inggris tentang kegiatan sehari hari. Dan fokus pada pelajaran ini adalah terbiasanya menggunakan Simple Present Tense dalam berbagai macam ungkapan situasi. Kadang juga ditambah dengan beberapa adverb of frquency seperti often, usually, seldom, never, hardly, etc. Mari kita lihat terjemahan dari contoh diatas:

Anton: Apakah Kamu akan pergi ke Jim sekarang?
Dino: Tidak, saya ada rnecana main bola malam ini. Kami bermain bola sekali atau dua kali dalam seminggu. Kami banyak mendapat kesenangan dalam permainan itu.  Bagaimana dengan kamu? APakah kamu juga suka olah raga?
Anton: Saya biasanya bermain tennis sekali dalam seminggu

3. Percakapan bahasa Inggris 2 orang tentang menayakan saran

Lagi dibawah adalah dialog yang ke 3 dengan topik menanyakan sebuah saran. Ketika kita terasa tidak mampu mengatasi suatu masalah, maka kita bisa menanyakannya dalam sebuah saran dan nasihat.

Hendra: Which one do you think better for me, a motor bike or a car?
Tomy: I think a motorcycle will be suitable for you
Contog dialog bahasa Inggris 2 orang diatas adalah sangat pendek tapi cukup penting bahkan diangap lumayan sulit karena topiknya adalah asking and giving suggestion yang banyak berhubungan dengan seberapa banyak vocab kita dalam topik tertentu. Contoh dialog pendek diatas bisa diterjemahkan sebagai berikut:

Hendra: Menurutkamu apa yang lebih bagus untuk saya antara sepeda motor dan mobil?
Tomy: Menurut saya Sepeda motor akan lebih tepat untuk kamu

4. Percakapan bahasa Inggris 2 orang tentang menawarkan bantuan

Dialog berikutnya adalah contoh pendek tentang percakapan cara menawarkan suatu bantuan dalam bahasa Inggris

Waitress: Can I help you, Sir?
Mr. Budi: Yes, can I get a cup of coffee?
Waitress: Sorry but coffe is served only in the lobby on the first floor
Menawarkan bantuan dalam kontek handling guest banyak menjadi topik-topik percakapan bahasa Inggris di sekolah kejuruan yang merujuk pada kemampuan TOEIC (Test of English for International Communication) seperti SMK yang sedikit berbeda dalam penekanannya dengan bahasa Inggris yang diajarkan di SMA / MA. Contoh dialog diatas bisa kita pahami artinya sebagai berikut:

Waitress: Ada yang bisa saya bantu pak?
Mr. Budi: Ya, bisakah saya diambilkan secangkir kopi?
Waitress: Maaf Pak, kopi hanya dilayani di lobby lantai pertama

Praktek dialog bahasa Inggris sederhana diatas dimaksudkan melengkapi kumpulan materi berbicara bahasa Inggris supaya lebih lancar. Kumpulan materi speaking English sebelumnya bisa dilihat pada part 1, part 2 dan part 3. Itulah beberapa contoh sangat singkat dialog dan percakapan bahasa Inggris. Karena sangat pendek, maka bisa dengan mudah dipraktekkan dan diulang  terus sampai lancar. Happy learning speaking English.

Belum ada Komentar untuk "4 Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel