Jenis-Jenis Pidato [ Types of Speeches ]

Setidaknya ada empat jenis pidato yang patut kita ketahui bersama. Jenis pidato ini menyangkut persiapan orang yang akan menyampaikan pidato. Dari keempat jeni s pidato ini, mungkin ada di antara salah satunya pernah disampaikan oleh sobat pecinta bahasa Inggris dalam kontes lomba pidato. Ya, pengetahuan akan jenis pidato ini sangat penting seperti halnya memenangkan lomba pidato, bukankah demikian?
 
Keempat jenis pidato tersebut adalah Impromptu, Extremporaneous, Manuscirpt, dan Memoized. Untuk lebih jelasnya, langsung saja, tidak usah menunggu lama, berikut ini adalah penjelasan mengenai  jenis-jenis pidato yang  bisa dipahami bersama-sama :
 
1) Impromptu
 
Impromptu bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai pidato yang tanpa persiapan terlebih dahulu. Pembicara pidato biasanya diundang secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya sehingga ia mungkin belum mempersiapkan pidato yang akan disampaikan. Pidato Impromptu ini sering terjadi dalam pertemuan bisnis ataupun organisasi.
 
2) Extemporaneous
 
Extemporaneous speech, atau lebih dikenal dengan singkatan Extemp, pada dasarnya adalah sebuah perlombaan pidato yang sering diadakan di tingkat SMA / perguruan tinggi. Jelas pidato extemp ini berbeda dengan Impromptu, sang pembicara pidato biasanya diberi informasi terlebih dahulu tentang topik apa yang akan disampaikan sehingga ia bisa dengan leluasa menyiapkan pidatonya dengan matang.


3) Manuscript

Jenis pidato yang ketiga adalah manuscript. Dalam Bahasa Indonesia, manuscript diartikan sebagai “naskah”. Artinya, pidato manuscript adalah pidato yang disampaikan dengan membaca sebuah naskah. Bukan karena sang pembicara pidato tidak bisa materi, namun karena pidato ini memang seharusnya disampaikan dengan membaca naskah. Pidato ini umumnya disampaikan ketika menyampaikan kebijakan, kontrak, MoU dan lain sebagainya, dimana pidato harus disampaikan sesuai naskah yang ada.
 
4) Memorized
 
Jenis pidato memorized ini dilakukan ketika pembicara harus menulis naskah pidato kata demi kata dan menghafalkannya sebelum disampaikan kehadapan publik. Biasanya pidato ini dilakukan karena membaca naskah pidato terlihat kurang pantas.
 
 Jenis pidato ini menyangkut persiapan orang yang akan menyampaikan pidato Jenis-Jenis Pidato [ Types of Speeches ]
Nah, dari keempat pidato di atas, pernahkan sobat menyampaikannya? Jika pernah, pidato jenis apa yang sering sobat sampaikan? Apakah pidato impromptu, extemp, manuscript, atau memorized? Silahkan pilih sendiri jenis pidatonya ya.
 
Semoga saja pemaparan singkat mengenai jenis jenis pidato di atas bisa menambah wawasan kita semua akan pentingnya memahami pidato. Oia, apakah sudah ada yang bisa menyampaikan pidato bahasa Inggris jenis impromptu tidak ya? Jika ada, berarti sudah sukes tuh..

Baca juga contoh pidato bahasa Inggris yo :D

Rujukan :

Types of Speeches. (n.d.). OurSpeeches | Speech Library, Public Speaking Tips, and Speech Writing Techniques. Retrieved May 29, 2013, from http://www.ourspeeches.com/speech-tips-and-secrets/Types-of-Speeches/29

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Pidato [ Types of Speeches ]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel