Contoh Analytical Exposition: Dangers of Sending SMS while Driving

Contoh Analytical Exposition: Dangers of Sending SMS while Driving

Contoh analytical exposition text berikut adalah sangat penting karena menyangkut keamanan berkendara. Ya teks ini berisi larangan menulis sms ketika mengendarai mobil. “No texting while driving” ini adalah ungkapan yang paling cocok untuk contoh teks analytical exposition kita kali ini. Analytical exposition adalah jenis teks bahasa inggris yang bertujuan untuk meyakinkan kepada pembaca atau pendengar bahwa masalah yang disajikan adalah sesuatu yang penting dan perlu mendapat perhatian. Jenis teks argumentative ini sangat mirip dengan apa yang yang namanya hortatory exposition dimana perbedaannya hanyanya pada sejauh mana target meyakinkan kepada pembacanya.

Analytical exposition berusaha meyakinkan kepada pembaca tentang masalah yang sedang dibicarakan bahwasanya masalah itu adalah penting untuk dipikirkan sematara hortatory  exposition bertujuan untuk sampai pada level aksi atau tindakan. Itulah kenapa sebuah hortatory text berstruktur generic structure RECOMMENDATION diakhir argumentnya.

contoh analytical espositio text

Larangan menulis pesan ketika mengemudi sebagai contoh analytical exposition

Kembali ke apa itu analytical exposition. Ini adalah sebuah argumentative essay yang mempunyai generic structure sebagai berikut:
1. Statating thesis: Penyataan awal penulis berupa gagasan, pikiran, atau ide yang diyakini sebagai hal yang benar dan perlu disampaikan kepada pembaca
We know that mobile communications are linked to a significant increase in distracted driving which results in injury and loss of life.
2. Presenting arguments: Untuk mendukung gagasannya di paragraf awal, penulis erl memberikan beberapa argumentasi yang mendukung.
reported that in 2010 driver distraction was the cause of 18 percent of all fatal crashes

The Virginia Tech Transportation Institute found that text messaging creates a crash risk 23 times worse than driving while not distracted

Eleven percent of drivers aged 18 to 20 who were involved in an automobile accident and survived admitted they were sending or receiving texts when they crashed.
3. Closing with reiteration: Pernyataan akhir sebagai penguat bahwa apa yang disampaikan di paragraf awal adalah sesuai dengan argumentasi yang diberikan
Distracted driving endangers life and property and the current levels of injury and loss are unacceptable.
Untuk melihat bagaimana dan seperti apa contoh analytical exposition itu, baiklah kita langsung saja melihat teks jenis argumentative dibawah ini!

The Dangers of using SMS while Driving
The popularity of mobile devices has had some dangerous consequences. We know that mobile communications are linked to a significant increase in distracted driving which results in injury and loss of life.
The National Highway Traffic Safety Administration reported that in 2010 driver distraction was the cause of 18 percent of all fatal crashes – with 3,092 people killed – and crashes resulting in an injury – with 416,000 people wounded.
The Virginia Tech Transportation Institute found that text messaging creates a crash risk 23 times worse than driving while not distracted.
Eleven percent of drivers aged 18 to 20 who were involved in an automobile accident and survived admitted they were sending or receiving texts when they crashed.
Distracted driving endangers life and property and the current levels of injury and loss are unacceptable.
Kenapa teks pendek bahasa inggris diatas bisa dimasukkan sebagai contoh analytical exposition? Cara mengetahui apa suatu teks itu masuk pada jenis GENRE tertu adalah dengan meliha bagaimana schematic structure teks tersebut.  Utnuk lebih lengkapnya bagaimana  generic structure yteks argumentative ini, lihat what is analytical exposition? Dan agar pemahaman definisi kita makin bagus, baca juga kumpulan contoh analytical exposition pada artikel sebelumnya itu.
Note:
Teks analytical exposition bahasa inggris ini diambil dari: http://www.fcc.gov/guides/texting-while-driving

Belum ada Komentar untuk "Contoh Analytical Exposition: Dangers of Sending SMS while Driving"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel